MATA PELAJARAN : TIK
KELAS : VII (TUJUH) A-B-C-D
GURU PENGAMPU : PIPIT SAFITTRI, S. Kom
Materi Pembelajaran untuk Tanggal 10 - 11 April 2023
Kompetensi Dasar : 3.3 Mengidentifikasi Algoritma dan Flowchart
Tujuan Pembelajaran :
1. Peserta didik mampu mengetahui tentang flowchart
2. Peserta didik mampu mengidentifikasi flowchart
3. Peserta didik mampu menjelaskan flowchart
Selamat menunaikan Ibadah Puasa di Bulan Suci Ramadhan ya Anak-anak yang Sholeh dan Sholeha,
Jangan lupa niat Berpuasanya, mudan2an lancar Puasanya...aamiin yaa rabbal'alamiin
MATERI PEMBELAJARAN
Flowchart
Flowchart
merupakan sebuah alat grafis yang menjelaskan cara penyelesaian masalah
penanganan informasi (Chapin, 1970). Flowchart merupakan sebuah diagram yang
terdiri dari bentuk kotak, wajik, dan lainnya, terhubung oleh panah, tiap
bentuk mewakili sebuah langkah dalam proses, dan panah menunjukkan urutan.
Flowchart mengkombinasikan simbol dan garis alir, untuk menunjukkan seperti apa
operasi dari suatu algoritma.
Berikut ini ada
dua macam flowchart:
· System flowchart yaitu
bagan yang memperlihatkan urutan prosedure dan proses dari beberapa file di
dalam media tertentu. Melalui flowchart
ini terlihat jenis media penyimpanan yang dipakai dalam pengolahan data. Selain itu juga
menggambarkan file yang dipakai sebagai input dan output. Tidak digunakan untuk menggambarkan urutan
langkah untuk memecahkan masalah namun hanya untuk menggambarkan prosedur dalam
sistem yang dibentuk.
· Program flowchart merupakan
urutan instruksi yang digambarkan dengan symbol tertentu untuk memecahkan
masalah dalam suatu program. Bagan yang memperlihatkan urutan dan hubungan proses dalam suatu program. Dua jenis metode penggambaran
program flowchart adalah Conceptual
flowchart (menggambarkan alur pemecahan masalah secara global) dan Detail flowchart (menggambarkan alur
pemecahan masalah secara rinci)
Tidak ada komentar:
Posting Komentar