Blogger Widgets
Informatics Engineering By Snow White

Rabu, 27 Maret 2024

FLOWCHART (DIAGRAM ALIR)

MATA PELAJARAN : INFORMATIKA

KELAS : VII (TUJUH) A  - B - C - D
GURU PENGAMPU : PIPIT SAFITTRI, S. Kom

Materi Pembelajaran : 26 - 27 Maret 2024


Capaian Pembelajaran :

 ALGORITMA DAN PEMROGRAMAN (AP)

Tujuan Pembelajaran :

1. Peserta didik mampu mengetahui tentang Flowchart
2. Peserta didik mampu memahami tentang Flowchart
3. Peserta didik mampu menjelaskan tentang Flowchart

Assalamu'alaikum warahmatullahi wabarakatuh....

Anak-anak Ku (^_^)

bagaimana kabar kalian semua anak2 Bunda yg sholeh dan sholeha, semoga kalian semua selalu sehat y nak dan sellau semangat dlm Belajar y .....

Tetap semangat puasanya y, ayo kita mulai Kegiatan Pembelajaran, jangan lupa Literasi di rumah ya

MATERI PEMBELAJARAN

FLOWCHART

Flowchart merupakan sebuah alat grafis yang menjelaskan cara penyelesaian masalah penanganan informasi (Chapin, 1970). Flowchart merupakan sebuah diagram yang terdiri dari bentuk kotak, wajik, dan lainnya, terhubung oleh panah, tiap bentuk mewakili sebuah langkah dalam proses, dan panah menunjukkan urutan. Flowchart mengkombinasikan simbol dan garis alir, untuk menunjukkan seperti apa operasi dari suatu algoritma.

Berikut ini ada dua macam flowchart:

·     System flowchart yaitu bagan yang memperlihatkan urutan prosedure dan proses dari beberapa file di dalam media tertentu.  Melalui flowchart ini terlihat jenis media penyimpanan yang dipakai dalam  pengolahan data. Selain itu juga menggambarkan file yang dipakai sebagai input dan output.  Tidak digunakan untuk menggambarkan urutan langkah untuk memecahkan masalah namun hanya untuk menggambarkan prosedur dalam sistem yang dibentuk.

·     Program flowchart merupakan urutan instruksi yang digambarkan dengan symbol tertentu untuk memecahkan masalah dalam suatu program. Bagan yang memperlihatkan  urutan dan hubungan proses dalam suatu  program. Dua jenis metode penggambaran program flowchart adalah Conceptual flowchart (menggambarkan alur pemecahan masalah secara global) dan Detail flowchart (menggambarkan alur pemecahan masalah secara rinci)


=======================================================================

TUGAS

LATIHAN

BAB 9 BUKU MODUL INFORMATIKA

=======================================================================

Kesimpulan :

1. Peserta didik sudah mampu mengetahui tentang Flowchart
2. Peserta didik sudah mampu memahami tentang Flowchart
3. Peserta didik sudah mampu menjelaskan Flowchart

Penutup :

Demikianlah kegiatan pembelajaran kita pada hari ini, semoga kalian bisa mendapatkan ilmu pengetahuan dan manfaatnya untuk bekal pengetahuan kalian semua, dan jgn lupa untuk mengulang kembali di rumah, Literasi terus ditingkatkan untuk memperkaya kosakata dan wawasan pengetahuan kalian ya Nak.....
Akhir kata Bunda mengucapkan....Assalamu'alaikum Warahmatullahi Wabarakatuh

Tidak ada komentar:

Posting Komentar