MATA PELAJARAN : TIK
KELAS : VII (TUJUH) A-B-C-D
GURU PENGAMPU : PIPIT SAFITTRI, S. Kom
Materi Pembelajaran untuk Tanggal 27 - 30 Maret 2023
Kompetensi Dasar : 3.3 Mengidentifikasi Algoritma dan Flowchart
Tujuan Pembelajaran :
1. Peserta didik mampu mengetahui algoritma
2. Peserta didik mampu mengidentifikasi algoritma
3. Peserta didik mampu menjelaskan algoritma
Selamat menunaikan Ibadah Puasa di Bulan Suci Ramadhan ya Anak-anak yang Sholeh dan Sholeha,
Jangan lupa niat Berpuasanya, mudan2an lancar Puasanya...aamiin yaa rabbal'alamiin
MATERI PEMBELAJARAN
Algoritma merupakan urutan langkah-langkah logis penyelesaian masalah yang disusun secara sistematis dan logis.
Kata logis merupakan kata kunci dalam algoritma. Langkah-langkah dalam algoritma harus logis dan harus dapat ditentukan bernilai salah atau benar. Algoritma berasal dari nama terakhir Muhammad ibnu Musa Al-Khowarizmi. Seorang ahli matematika terkenal dan penulis pada abad ke-8 dan 9 masehi yang berasal dari Persia. Al-Khowarizmi adalah seorang guru di Institut Matematika di Baghdad dan penulis buku Kitab Al-Jabr wal Muqaabalah, yang berarti “Aturan Menyatukan dan Memisahkan”. Buku tersebut merupakan satu dari buku teks matematika paling awal, dan judul tersebut memberikan kita kata Aljabar (Schneider & Gersting, 2010).
Karakteristik suatu Algoritma antara lain :
Tertata dengan baik: Langkah-langkahnya dalam urutan yang jelas.
Jelas: Operasi yang digambarkan dipahami oleh suatu komputasi tanpa penyederhanaan lebih lanjut.
Dapat dihitung secara efektif: Komputasi tersebut sebenarnya dapat melakukan operasi.
Tidak ada komentar:
Posting Komentar